Rabu, 11 Desember 2013

TRIP TO CURUG SAWER GUNUNG MALANG CIAPUS BOGOR

Ketika saya browsing di internet mencari curug curug baru, saya menemukan sebuah artikel yang bertuliskan Curug Sawer yang letaknya di daerah Ciapus Bogor, langsung saja saya menghubungi teman saya Supardi untuk survei kesana dan OK dia setuju, akhirnya pada Rabu 11 Desember 2013 kami berdua berangkat dari Bekasi sekitar pukul 09.00. Karena saya tidak mengetahui daerah Ciapus maka saya menelpon teman saya Rahmat terlebih dahulu siapa tahu dia tahu jalannya dan baguslah si Rahmat tahu jadi jika nanti kami tersesat atau tidak tahu arah bisa menelpon dia.

Berangkatlah kami berdua, jalur yang kami lalui yaitu mulai dari Bekasi - Bantar Gebang – Cilengsi – Citereup – Sentul – Jl.Raya Bogor – Bubulak, nah sesampainya disini saya menelpon si Rahmat, Rahmat mengarahkan kita setelah terminal Bubulak ke depan mentok nanti belok kiri ke arah Ciapus (kanan ke arah Darmaga) lalu belok ke kanan masuk ke dalam gang, lalu kami mengikuti arahan Rahmat, setelah masuk ke dalam gang perkampungan sulit sekali menemui petunjuk, sering kali kami bertanya kepada warga yang lewat jalur ke arah Curug Sawer, sempat kami bolak balik lewat depan Curug Nangka dan Curug Luhur sampai akhirnya kami bertanya ke tukang ojek di depan pintu masuk Curug Nangka, ternyata kami sudah terlewat gang Curug Sawer karena tidak ada petunjuk ke curug ini, setelah di beri tahu jalurnya barulah kami sampai di Curug Sawer.

Cukup sulit juga menemukan curug ini karena letaknya tersembunyi di gang perkampungan, sepi juga tempatnya mungkin karena kami kesini pada hari biasa, saat kami menuju ke pos tiket ada seorang ibu yang menghampiri, ibu itu penjaga di wisata Curug Sawer ini, harga tiket masuk ke curug ini 10.000/orang. Lalu ibu itu memberi arahan untuk menuju curugnya nanti turun saja ke bawah ikuti aliran air ada bendungan nanti ketemu curugnya. Kami berdua pun langsung turun mengikuti aliran air, nah ada yang ke kiri sama ke kanan alirannya, kami mencoba ke kanan setelah lama berjalan ternyata salah setelah sempat bertanya pada orang orang yang sedang bertani disini lalu kami balik lagi ke kiri. Nah dari sini baru benar karena melewati sebuah bendungan dan ada jembatan dari bambu di atasnya, terlihat banyak sekali anak kecil yang sedang mandi di bawah bendungan ini.

Perjalanan cukup lama juga karena kami tidak tahu persis letak curugnya, setelah bertanya kepada orang lagi yang sedang bertani, nanti melewati sebuah kafe nah curugnya ada di dalam kafe itu, terus lah kami berjalan akhirnya menemukan sebuah kafe yang namanya Kafe Gugunungan.

Dari kafe ini sudah telihat Curug Sawer yang terletak di bawahnya, di atas Curug Sawer itu area persawahan yang cukup luas yang artinya air dari curug ini berasal dari air sawah di atasnya.

Setelah menuruni dari atas kafe, sampailah kami di depan Curug Sawer, tidak ada orang disini hanya kita berdua saja pengunjungnya, curug ini cukup bagus jika untuk rekreasi bersama keluarga karena terdapat hamparan rumput yang langsung menghadap ke curugnya.

Setelah foto foto kami berdua mandi di bawag Curug Sawer, kadang kali kepala saya terkena jatuhan keong sawah dari atas.wkwkwk

Setelah selesai mandi di Curug Sawer, kami berdua ganti pakaian yang ada di dekat kafe kamar gantinya, lalu kami pun berjalanan menuju parkiran dan pulang, tidak lama setelah meninggalkan lokasi tiba tiba HPnya si Pardi ternyata sudah tidak ada, kami pun kembali ke lokasi Curug Sawer dan mencoba mencarinya cukup lama tetapi tidak ketemu, ya sudah ikhlasin aja dah HP mana belom lunas lagi. Ya sudah kami lalu pulang kembali ke Bekasi lagi.

Sampai ketemu lagi diperjalanan saya ke curug curug selanjutnya.

Note : Sertakan sumbernya bila ingin mengambil gambar atau cerita dari blog ini, terima kasih.