Sabtu, 15 April 2017

TRIP TO CURUG CIKARACAK TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO CINAGARA BOGOR

Libur panjang pun tiba bulan ini, jumat tanggal 14 April libur dikarenakan tanggal merah, 3 hari libur sayang kalau tidak digunakan untuk merelaks badan & pikiran. Seminggu sebelumnya pun saya sudah mengusulkan untuk pergi ke curug pada hari sabtunya agar minggunya bisa istirahat di rumah, saya mengajak Supardi dan Pak Sogak. Curug yang akan kami tuju adalah Curug Cikaracak yang berada di Dusun Cibeling Ds.Cinagara Kec.Caringin Bogor, Curug Cikaracak ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Hari Sabtu 15 April 2017 pukul 05.00 saya samper Supardi di rumahnya dan berangkat pukul 05.30, sedangkan Pak Sogak berangkat sendiri dari rumanya di Cibarusah. Titik pertemuan kami adalah pom bensin sesudah Klapanunggal, pukul 06.30 saya dan Supardi telah sampai duluan di pom bensin, 10 menit kemudian barulah Pak Sogak tiba.

Jalur yang kami lalui diantaranya mulai dari Bekasi – Cileungsi – Citeureup – Sirkuit Sentul – Jalan Raya Bogor – Baranangsiang - Tajur – Ciawi – Jalan Raya Sukabumi – Caringin – Cinagara – Curug Cikaracak. Dari depan Sirkuit Sentul kami belok ke kanan menuju Jalan Raya Bogor lalu lurus terus saja melewati Kebun Raya Bogor lalu terminal Baranangsiang lalu Tajur, sesampainya di Ciawi kami berbelok ke kanan ke arah Jalan Raya Sukabumi (Kalau ke puncak lurus terus). Dari ini saya mulai membuka map sebagai patokan jalannya yaitu Jalan Cinagara masih 14 KM lagi atau 15 menit perkiraan saya. Kami pun berjalan dengan mengikuti map yang terus mengarahkan ke Jalan Cinagara, saya tidak ingat ada berapa pertigaan yang kami lalui intinya saya ikuti saja jalur yang ditunjukkan map ini. Dan akhirnya sampailah kami di jalan Cinagara, plang Curug Cikaracak tertutup oleh spanduk spanduk besar sehingga tidak terlihat dari jalanan.

Ikuti jalan terus sampai menemukan sebuah pertigaan ambil lurus terus lagi.

Dari sini terus saja ikuti jalan, terlihat pemandangan sungai sungai disini membentuk sebuah curug curug kecil yang indah di pandang.

Dan akhirnya mentok disitulah pintu masuk ke Curug Cikaracak, HTM disini sangat murah sekali hanya 2000/orang dan 5000/motor karena masih dikelola oleh warga sekitar.

Dan kami parkir di depan rumah warga.

Dari parkiran ini kami mulai treking sekitar 1 jam menyusuri jalan, dari mengikuti jalan halaman rumah warga.

Area persawahan yang luas yang sangat memanjakan mata.

Lalu masuk ke dalam hutan yang lebat dan melewati beberapa aliran sungai yang dangkal, sesekali saya kehausan dan meminum air dari air sungainya langsung ya lumayan lah segernya.

Sampai akhirnya tidak terasa 1 jam dilalui dan akhirnya sampai di depan Curug Cikaracak, sudah banyak pengunjung di curug ini, Curug Cikaracak ini memiliki ketingian 40 m dengan kedalaman saya tidak bisa memperkirakan karena aliran airnya yang sangat deras menyemburkan percikan seperti kabut air, disini tidak disediakan kamar ganti ataupun warung makanan, jadi jika ingin makan di dekat Curug Cikaracak ini bisa membawa makanan dari rumah atau membelinya di jalan.

Kami pun mencoba untuk mendekati area di bawah pancuran Curug Cikaracak, harap berhati hati jika berjalan di berbatuannya karena berlumut jadi sangat licin, saya pun sempat terjatuh di bebatuan besar beruntung bisa tertahan tangan dan lutut sehingga tidak terbentur dagu. Disini kami menikmati indahnya Curug Cikaracak, keindahan ciptaanNya yang tiada banding, sungguh nikmat sekali.

Pukul 12.30 kami pun berjalan kembali ke parkiran, pengunjung juga sudah sepi, di tengah perjalanan ternyata masih banyak pengunjung yang sedang menuju ke Curug Cikaracak ini, kami pun bertegur sapa di jalan. Akhirnya kami sampai di parkiran dan menuju ke mushola untuk ganti pakaian dan shalat dzuhur. Setelah berganti pakaian dan shalat kami lanjutkan pulang kembali ke Bekasi sekitar pukul 13.30 dan luar biasa macetnya ketika pulang di Jalan Raya Sukabumi karena ada pengecoran, berlanjut ke Kota Bogor yang 1 jalur serta banyak angkot berhenti dan mobil yang berputar. Sampai akhirnya kami semua tiba di rumah masing masing sekitar pukul 17.00

Sampai ketemu lagi diperjalanan saya ke curug curug selanjutnya.

Note : Sertakan sumbernya bila ingin mengambil gambar atau cerita dari blog ini, terima kasih.