Minggu, 05 Februari 2017

TRIP TO CURUG CIPATAT/CURUG CIAMPEA & GREEN LAGOON TENJOLAYA BOGOR

Iseng iseng browsing di internet dengan kategori “Curug Terbaru Bogor” akhirnya saya menemukan sebuah artikel yang baru ditulis bulan kemarin. Di dalam artikel ini terdapat sebuah curug yang belum saya kunjungi yaitu Curug Ciampea dan Green Lagoon yang terletak di Ds.Tapos Kec.Tenjolaya Bogor berdekatan dengan Curug Luhur yang sudah tenar entah berapa sekarang tiket masuknya. Sebelumnya saya lewat daerah sini memang belum ada terdengar tentang Curug Cipatat/Curug Ciampea, adanya tentang Curug Luhur, Curug Nangka & Curug Sawer.

Saya pun menghubungi Pardi hari Kamis agar bisa ngetrip kesana, karena sebelumnya dia tidak bisa ngetrip ke Curug Citambur minggu kemarin. Minggu 5 Februari 2017 adalah tanggal kami berangkat, tibalah hari H pukul 06.00 saya samper Pardi dirumahnya dan sue dia masih tertidur pulas, saya pun menunggu sampai jam 7 dan langsung berkumpul di Unisma karena si Ali mau ikut juga. Pukul 08.30 setelah semuanya kumpul diantaranya saya, Pardi, Yati, Ali dan temannya, kami pun segera berangkat. Jalur yang kami tempuh diantaranya Unisma Bekasi – Bantar Gebang – Pasar Cileungsi – Pasar Citereup – Sirkuit Sentul – Jl.Raya Bogor – Bubulak – Darmaga – Pamijahan – Tenjolaya. Sesampainya di depan Sirkuit Sentul kami belok ke kanan ke arah Jalan Raya Bogor.

Lurus terus dari Jl.Raya Bogor nanti ketemu Tol Jagorawi, kami berbelok ke kanan ke arah Darmaga.

Ada pertigaan Lotte Mart kami belok ke kiri ke Terminal Bubulak atau Yasmin (jika lurus ke arah Parung).

Lurus saja sampai mentok lalu kami belok ke kanan ke arah IPB Darmaga/Leuwiliang.

Darisini mulai parah macetnya, karena kami sudah terlalu siang sekitar pukul 10.00 di daerah sini. Sesampainya di Pertigaan Cibatok (Gunung Salak Endah) kami belok ke kiri.

Darisini lurus terus saja ke arah Tenjolaya jangan belok ke kanan ke arah Gn.Bunder, nanti ada pertigaan terdapat plang Curug Luhur lalu kami belok ke kiri (lurus Gn.Bunder Pintu 2).

Nah dari belokan sini pokoknya patokannya sebelum Curug Luhur nanti ada plang Curug Ciputri di kanan jalan, jika dari arah Ciapus berarti sesudah Curug Luhur patokannya ada di kiri jalan plang Curug Ciputrinya. Kenapa Curug Ciputri karena Curug Cipatat ini berada sebelum Curug Ciputri gangnya, kalau mau kesini tanya aja Curug Ciputri pasti pada tahu warga sini, tapi kalau nanya Curug Cipatat/Curug Ciampea pasti pada bingung.hehe

Dari plang Curug Ciputri ini lurus saja ke dalam nanti ada pertigaan ambil kiri.

Lurus terus lagi melewati jalan jalan kecil nah patokannya nanti ada tanah lapang di kiri jalan dengan sebuah rumah di tengahnya lalu kami ambil ke kanan, ada warung juga pas belokan ke kanan ini.

Kami sempat lurus terus sampai ke Gerbang Curug Ciputri dan akhirnya balik lagi kesini.hehe
Masuk terus saja melewati beberapa area persawahan yang hanya bisa dilalui oleh motor, sampai ada sebuah plang Curug yang sangat kecil di dekat halaman rumah warga, kalau tidak teliti pasti akan terlewat.

Dari plang ini lalu belok kanan memasuki halaman depan rumah warga, pokoknya sempit dan baru kali ini trek ke curug lewat beberapa gang rumah warga.hehe

Sampai akhirnya kami tiba di parkiran pukul 11.30 dan sudah banyak pula pengunjung yang kesini.

Tiket masuk ke Curug Cipatat/Curug Ciampea ini 10.000/orang, beda sekali dengan yang saya baca di internet masih gratis masuknya, ternyata karena ketenaran curug ini langsung ada yang mengelolanya, rezeki buat warga disini.

Kami pun berjalan menuju Curug Cipatat ini menelusuri area persawahan pada mulanya, dan bertemulah sebuah pertigaan kami ambil ke kanan.

Terus menelusuri hutan dan aliran air dari Curug Cipatat ini, treknya tidak terlalu sulit patokannya kami ikuti terus aliran air ini, airnya juga sangat bening sampai terlihat dasarnya dan rasanya sangat segar.

Lalu sampailah kami di Green Lagoon tapi tidak sempat memfotonya karena banyak orang yang sedang bekumpul disini. Ada sebuah curug yaitu Curug Cipatat 2/Curug Ciampea 2 yang aliran airnya tidak begitu deras.

Tidak jauh dari Curug Cipatat 2/Curug Ciampea 2 ini ketemulah Curug Cipatat 1/Curug Ciampea 1 yang lumayan deras airnya.

Curug Cipatat 1/Curug Ciampea 1 ini memiliki ketinggian sekitar 14 meter dengan kolam yang cukup dangkal hanya sebatas paha, sepertinya Curug Cipatat 1/Curug Ciampea 1 habis longsor karena saat melihat di internet kedalamannya sampai 1.5 meter dan Curug Cipatat 1/Curug Ciampea 1 memiliki tingkat di atasnya ada 2 tingkat, kami tidak ke tingkat keduanya karena waktu yang tidak memungkinkan.

Pukul 14.30 kami sudahi main main air di Curug Cipatat 1/Curug Ciampea 1 ini, kami mencoba jalur lain yang melewati hutan hutan pinus, akan tetapi lewat jalur ini cukup menantang karena tanjakannya terlalu tajam. Jika berangkat lewat jalur ini pasti akan sangat lelah sekali karena banyak sekali tanjakannya.

Sampainya di parkiran kami ganti baju dan sejenak shalat dzuhur di mushola, disini belum disediakan kamar ganti ataupun warung, jadi teman teman jika ingin kesini lebih baik membawa makanan agar bisa ngemil ngemil. Pukul 15.00 kami pulang dari parkiran Curug Cipatat/Curug Ciampea ini diiringi dengan gerimis yang cukup lebat.

Jalur pulang kami mengambil jalur Curug Nangka lalu ke Ciapus tembus ke Kebun Raya Bogor, disini kami nyasar karena banyak daerah di Bogor ini yang hanya menggunakan 1 jalur jadi memutarnya sangat jauh. Dan akhirnya kami sampai di rumah masing masing pukul 20.00.

Sampai ketemu lagi diperjalanan saya ke curug curug selanjutnya.

Note : Sertakan sumbernya bila ingin mengambil gambar atau cerita dari blog ini, terima kasih.