Minggu, 24 Januari 2016

TRIP TO CURUG CISARUA SUKAMAKMUR JONGGOL

Sudah kebelet banget saya untuk ke curug dari seminggu yang lalu tapi belum kesampean, nah hari Sabtu 23 Januari 2016 niatnya pingin ke curug bareng teman Unisma tapi hujan tidak kunjung reda sampai siang dan akhirnya batal, hari Minggu 24 Januari 2016 sama dari malam hingga pagi hujan tetap turun, jam 09.00 hujan reda saya mencoba menghubungi teman terdekat saya yang bisa di ajak ke curug karena jika mengajak teman yang jauh apalagi dadakan gini pasti tidak pada bisa dan pasti ngaret di samping waktu juga sudah mulai siang, tapi mau di apa lagi pas saya menghubungi teman saya yang terdekat semua tidak ada yang bisa karena takut hujan di jalan, ada keperluan dan lain lain. Akhirnya saya pun berangkat sendiri dengan modal niat dan doa dah mudah mudahan tidak terjadi sesuatu di jalan.

Curug yang ingin saya tuju yaitu Curug Cisarua yang terletak di Jonggol, mungkin tidak banyak yang tau tentang curug ini karena tidak ada postingan di internet mengenai informasi tentang Curug Cisarua, adanya informasi tentang perempuan yang meninggal di curugnya pada tahun 2012. Curug ini tidak sengaja saya dan Supardi temukan saat mencari jalan pulang dari Gunung Batu ke Sukamakmur lalu nyasarnya jauh banget, ketemulah Curug Cisarua dengan plang nama yang kecil dan pintu masuknya juga tidak terawat.

Jam 10.15 akhirnya saya beranikan untuk berangkat ke Curug Cisarua seorang diri dengan naik motor, jalur yang saya tempuh dari Bekasi – Bantar Gebang – Cilengsi – Jonggol – Pasar Jonggol. Dari pasar jonggol ambil ke kanan ke arah Dayeuh/Sukamakmur.

Saya ikuti saja jalanannya lurus terus sampai kira kira 45 menit nanti bertemu pertigaan di Pasar Desa Sukamakmur yang jika lurus mengarahkan ke Citereup/Sentul dan jika ke kiri mengarahkan ke Gunung Batu/Mekarwangi, saya ambil ke kiri ke arah Gunung Batu/Mekarwangi.

Lurus terus jalannya menanjak lalu bertemu pertigaan lagi yang jika ke kiri mengarah ke Gunung Batu/Tanjung Sari dan jika ke kanan ke arah Pinus/Mekarwangi, lalu saya mengambil ke arah kanan, dari sini bisa di lihat juga tinggal berapa lagi jarak yang harus di tempuh menuju kawasan curug curug di hutan pinus.

Nah dari pertigaan ini kira kira 20 menit nanti sampai lah di kawasan hutan pinus, banyak curug curug disini seperti Curug Ciherang, Curug Cipamingkis, Curug Cisarua, Curus Arca dan Curug Cibe’et. Lokasi Curg Cisarua terletak sesudah jalan Curug Ciherang dan Curug Cipamingkis, dengan plang yang sangat kecil mungkin banyak orang yang hanya lewat saja tidak tahu kalau disini ada curug, tidak seperti curug lainnya terdapat banner dan spanduk besar jadi banyak orang yang berkunjung, perjalanan dari jalan utama menuju parkiran juga dekat hanya 150 meter dengan sebuah gerbang masuk yang besar juga.

Sampailah saya di parkiran pukul 12.30 alhamdulillah selama perjalanan tidak hujan dan lancar, di dalam parkiran bener bener sepi sekali tidak ada satupun pengunjung kesini, luas juga parkiran di Curug Cisarua, adem lagi hijau tempatnya dan banyak saung saung jadi banyak tempat beristirahat setelah habis ke curug, Curug Cisarua ini berada di Kawasan Objek Wisata Alam Hutan Sukawangi.

Disitu ada ibu ibu yang sedang duduk di saung, lalu saya menanyakan parkiran dan jalan ke Curug Cisarua, ternyata ibu ibu ini penjaga di wisata curug ini, lalu saya parkir di depan saung yang ibu ibu duduk tadi dan ibu ibu itu memberikan tiket masuk 10.000/orang dan parkir 2.000/motor.

Perjalanan dari parkiran ke curugnya kira kira 15 menit dengan trek yang terus menanjak, jika cape di perjalanan bisa istirahat di saung yang sudah disediakan di setiap jalannya.

Lalu saya bertemu pertigaan yang jika ke kanan atas itu mengarahkan ke Taman Pemandangan dan lurus mengarahkan ke curugnya.

Dari pertigaan ini sudah terlihat curugnya dari kejauhan, indah juga curugnya dari kejauhan dengan jalan dari bambu yang sudah di buat untuk memanjakan pengunjung yang ingin berfoto foto.

Langsung saja saya berfoto di jalanan bambu ini, berasa milik sendiri ne curug karena hanya saya saja disini tidak ada orang lain.hehe

Curug Cisarua memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dengan kolam yang dangkal, struktur curugnya bergelombang dari atas sampai bawah.

Didepan curug ini ada sebuah tangga yang mengarah ke atas menuju taman pemandangan, dari atas sini Curug Cisarua terlihat indah dengan dikelilingi reimbunan pepohonan.

Lalu saya naik ke atas, wah dari atas sini indah banget pemandangannya, terlihat perbukitan serta jalanan di bawah, buat santai di atas sini cocok banget karena areanya luas dan terdapat saung juga disini, saya tidak ada warung buat ngopi, kalau ada mantap banget ngopi sambil menikmati pemandangan, ke atas lagi ada area taman pemandangan juga tapi saya tidak naik lagi ke atas jalannya tidak terlihat.

Setelah puas menikmati indahnya Curug Cisarua, pukul 14.00 saya pun turun ke parkiran, pulang lebih siang agar nanti sampai di Bekasi masih sore dan tidak hujan, 14.30 saya pun bergegas meninggalkan Curug Cisarua, terlihat dari kejauhan awan gelap yang sudah menyelimuti di depan, sepertinya akan turun hujan, benar saja sesampainya di pertigaan Gunung Batu turun hujan lebat sampai Pasar Jonggol hujan pun berhenti. Akhirnya sampai juga di rumah dengan selamat pukul 17.00.

Sampai ketemu lagi diperjalanan saya ke curug curug selanjutnya.

Note : Sertakan sumbernya bila ingin mengambil gambar atau cerita dari blog ini, terima kasih.