Kamis, 02 Oktober 2014

TRIP TO CURUG CIBEREUM, CURUG CIDENDENG DAN CURUG CIKUNDUL TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO CIANJUR

Mendengar cerita teman saya yang sudah mengunjungi Curug Cibereum yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, saya jadi tertarik mengunjunginya karena pada saat itu saya tidak bisa ikut mereka karena sedang masuk kerja. Akhirnya ketemulah waktu yang pas untuk kesana yaitu pada hari Kamis 2 Oktober 2014, saat itu saya dan Supardi sedang tidak bekerja di perusahaan, saya sedang kuliah dan Supardi buka usaha di rumahnya.

Hari itu saya berangkat pukul 09.30 dari Bekasi menggunakan motor. Jalur yang kami lalui mulai dari Bekasi – Bantar Gebang – Cilengsi – Citereup – Sentul – Babakan Madang – Sentul City – Bukit Pelangi – Gunung Geulis – Gadok – Megamendung – Cisarua – Puncak Pass – Kebun Raya Cibodas/Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dari arah Puncak Pass setelah itu tidak lama kami berbelok ke kanan ke arah plang Kebun Raya Cibodas, waktu sudah menunjukkan 12.30 jadi kami istirahat di mushola di antara belokan tadi ke Kebun Raya Cibodas karena dari sini sudah dekat, setelah selesai sholat Dzuhur kami melanjutkan perjalanan yang tinggal sedikit lagi, setelah mentok jalannya atau sampai di pintu masuk antara ke Kebun Raya Cibodas dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, kami berbelok ke kanan ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango karena jika ke kiri itu menuju Kebun Raya Cibodas.

Dari parkiran sampai ke pintu masuk ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango cukup jauh jadi kami memarkirkan motor di depan pintu masuknya persis walau hanya sedikit motor yang parkir disini tapi kami percaya kalau disini aman. Kami tiba pukul 13.00 di depan pintu masuknya dan ada objek objek yang bagus untuk di foto yang berisi tentang ketentuan dalam memasuki kawasan gunung ini.

Selepas dari pintu masuk kami berjalan masuk ke kawasannya, disitu ada pos tempat pembelian tiket masuk, sekitar 12.000/orang harga tiketnya kalau tidak salah lalu kita mendaftarkan nama kita di pos itu untuk ke curugnya, karena dari sini juga merupakan jalur pendakian ke Puncak Gunung Gede Pangrango. Perjalanan pun kami mulai memasuki hutan dengan jalan setapak yang cukup lebar, banyak papan pemberitahuan ketentuan dan larangan selama pengunjung berada disini.

Perjalanan menuju Curug Cibereum sekitar 45 – 60 menit melewati hutan yang lebat dengan aliran sungai kecil yang mengalir.

Setelah itu melewati Telaga Biru yang ada di sisi kiri jalan, tapi air telaganya pas kami berada disini berwarna hijau, mungkin pada musim musim tertentu air telaga ini berwarga biru.

Setelah itu melewati plang petunjuk ke arah Jalur Pendakian Puncak Pangrango dan Rawa Ganyonggong.

Setelah itu sampailah kami di Curug Cibereum, sudah banyak sekali pengunjung disini mulai dari wisatawan lokal maupun asing (arab), Curug Cibereum ini memiliki ketinggian sekitar 15-20 meter dengan kedalaman cukup dangkal.

Tidak jauh dari Curug Ciberem sekitar 30 meter terlihat sebuah curug yang bernama Curug Cidendeng, curug ini juga bisa terlihat dari Curug Cibereum, tinggi juga Curug Cidendeng ini kira kira 30 meter.

Saya melihat ada genangan air sesudah Curug Cidendeng ini, ada orang yang kesana dan saya pun mengikutinya, wah ternyata masih ada satu curug lagi disini namanya Curug Cikundul, airnya super dingin banget, beda sama air di Curug Cibereum dan Curug Cidengdeng walaupun ketiga curug ini masih dalam satu lokasi yang jaraknya juga berdekatan.

Setelah dari Curug Cikundul kami kembali lagi ke Curug Cibereum untuk beristirahat sejenak sambil minum minum kopi di bawah jatuhan air curugnya, waktu pun menunjukkan sudah pukul 15.00 sudah sore dan kami pun kembali menuju parkiran. Pukul 16.00 kami bergegas pulang ke Bekasi agar di Gunung Geulis dan Bukit Pelangi nanti masih belum gelap, agak takut juga kalau lewat situ sudah gelap karena jalanannya sepi dan sedikit penerangan. Akhirnya kami pun tiba di rumah masing masing selepas Isya.

Sampai ketemu lagi diperjalanan saya ke curug curug selanjutnya.

Note : Sertakan sumbernya bila ingin mengambil gambar atau cerita dari blog ini, terima kasih.