Jumat, 31 Juli 2015

TRIP TO CURUG HANDELEUM GUNUNG PANCAR BOGOR

Sehabis Hari Raya Idul Fitri rasanya masih kurang saya untuk liburan ke curug, saya penasaran dengan curug yang ada di Sentul yang dekat dengan Curug Bidadari namanya yaitu Curug Cibingbing atau bisa juga di bilang curug ini adiknya dari Curug Bidadari. Saya dengan teman kampus saya Irfan berangkat ke Sentul pada Jumat 31 Juli 2015 pukul 08.00. Kami melewati jalur Bekasi - Bantar Gebang - Cilengsi - Citereup - Sentul - Babakan Madang - Sentul City - Desa Cikoneng. Sesampainya di Perumahan Sentul City kami mengambil yang ke arah Jungle Land karena jika kami mengambil ke arah Bukit Pelangi sudah terlihat padat sekali motor. Setelah melewati beberapa wisata di Perumahan Sentul City nanti ada BTS Tower operator telepon kalau tidak salah, kami berbelok ke kanan ke Desa Cikoneng, ternyata banyak juga motor yang lewat sini yang ingin menuju ke Curug Bidadari, sampailah kami di gang menuju Curug Cibingbin, banyak juga warga setempat yang mengarahkan para pemotor yang ingin menuju Curug Bidadari melewati jalur ini yang nantinya tembus di pintu belakang Curug Bidadari. Betapa kecewanya kami ketika bertanya ingin berkunjung ke Curug Cibingbin tetapi curug ini sudah tutup karena lama tidak dikunjungi dan sepi lalu kami di suruh untuk ke Curug Bidadari saja, karena niat saya kesini untuk ke Curug Cibingbin tidak ke Curug Bidadari karena bosan, akhirnya saya berbalik dan kami menuju ke Gunung Pancar untuk menuju salah satu curug yang belum pernah saya kunjungi juga yaitu Curug Handeleum.

Waktu saya pergi pada kedua kalinya ke Curug Leuwi Hejo, saya melihat spanduk besar bertuliskan Wisata Alam Gunung Handeleum, lalu saya tertarik suatu saat saya akan kesini. Sesampainya di depan Jungle Land kami berbelok ke kanan ke Gunung Pancar karena arah kami tadi dari Perumahan Sentul City, tidak lama ada pertigaan yang jika ke kanan ke Pemandian Air Hangat Gunung Pancar, lalu kami ambil ke kiri idak jauh dari situ sekitar pukul 10.30 kami sudah menemukan spanduk besar bertuliskan Wisata Alam Gunung Handeleum Pemandian Leuwi Asih.

Kami masuk ke dalam ternyata tidak ada orang yang jaga pos masuk, kami masuk saja ke dalam sambil bertanya ke warga letak persisnya Curug Handeleum, melewati jalanan kecil di samping samping rumah warga akhirnya kami sampai dan memarkirkan motor di samping mushola. Ada seorang warga yang bertanya, mau ke curug ya, iya pak, mari saya antar, kami pun mengikuti bapak itu untuk menuju curugnya, di perjalanan ada seorang warga yang harusnya jaga di pos masuk tadi dan meminta uang masuk ke kawasan ini, “maaf aa tadi saya ketiduran jadi ngga tahu ada yang berkunjung”. haha ya sudah kami memberikan uang untuk tiket masuknya sebesar 10.000/orang.

Cukup dekat juga lokasi Curug Handeleum, sesampainya di bawah ada Leuwi Asih yang airnya sangat jernih sampai kelihatan dasarnya, kedalaman Leuwi Asih 4 meter.

Di belakang Leuwi Asih baru dah ada Curug Handeleumnya, kolam di sekitar curug hanya bekisar sedengkul dalamnya, airnya juga sangat jernih, Curug Handeleum memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Curug ini jika di lihat dari atas kayaknya alirannya mengalir melewati rumah rumah warga dan hanya sekitar 50 cm besar alirannya seperti selokan, tapi kalau selokan di kota mah kotor ama bau nah ini mah super jernih.hehehe

Setelah puas bermain air di Curug Handeleum kami kembali ke depan untuk melihat Air Kahuripan yang artinya Air Kehidupan. Air Kahuripan mengalir dari atas bukit, wah sepertinya di atas ada curug lagi filling saya.

Setelah puas bermain di Wisata Alam Gunung Handeleum, kami pun kembali pulang ke Bekasi pada pukul 14.00.

Sampai ketemu lagi diperjalanan saya ke curug curug selanjutnya.

Note : Sertakan sumbernya bila ingin mengambil gambar atau cerita dari blog ini, terima kasih.