Minggu, 01 Mei 2016

TRIP TO MATA AIR SODONG KLAPANUNGGAL BOGOR

Hari itu Minggu 1 Mei 2016 saya sudah berjanji untuk main ke curug, tapi pada paginya saya masih ragu ingin jalan apa tidak, sampai siangnya karena tidak ada kegiatan akhirnya saya menelpon si Pardi untuk jadi pergi ke curug, sesudah dzuhur saya pun main ke rumahnya untuk persiapan pergi ke curug tapi besoknya dia kerja masuk pagi, saya kira masuk siang jadi ada waktu istirahat. Karena saya kasihan ya sudah ke tempat wisata alam yang deket saja yaitu di Mata Air Sodong yang berada di Klapanunggal Cileungsi Bogor.

Jam 1 siang kami berdua berangkat dari Tambun, melewati jalur Bekasi – Bantar Gebang – Jalan Raya Cileungsi Jonggol. Sesudah perumahan Grand Nusa Indah nanti ada plang petunjuk ke kanan menuju arah Citereup/Gunung Putri, sekitar 20 menit dari belokan tadi nanti ada plang petunjuk di kanan jalan yang mengarahkan menuju Desa Wisata Linggar Mukti atau ada tulisan WTA besar di kiri jalan, kami berbelok ke kiri jalan.

Setelah berbelok ada tiket masuk disini sebesar 3.000/motor karena ada 2 tujuan wisata disini yaitu Mata Air Sodong dan Kolam Renang Joglo. Di tiket masuknya juga ada gambar peta lokasi wisata yang ada di daerah sini. Jalurnya cukup melintasi jalanan aspal/beton alus saja nanti langsung sampai di lokasi.






Sekitar 100 meter sebelum lokasi Mata Air Sodong ada tiket masuk lagi sebesar 5.000/motor, sesampainya di lokasi sudah banyak sekali pengunjung yang sudah nyebur dan bermain air di mata air ini, kami pun berhenti dahulu di sebuah warung memesan mie rebus pakai telur untuk mengisi perut terlebih dahulu.



Kedalaman Mata Air Sodong ini antara 1-2 meter dengan dasar kolam masih bebatuan karang, kondisi airnya sudah keruh kehijauan tidak bening lagi saat saya pertama kali kesini.





Sebelum nyebur kami mengabadikan dahulu dengan berfoto sejenak.






Habis itu nyebur dah, airnya dingin juga mungkin karena masih daerah pegunungan, terdapat juga kolam renang di lokasi ini dengan biaya masuk 10.000/orang tapi dangkal sekali kolam renangnya. Saya sempat bertanya tanya kepada warga sekitar apakah disini ada curug, ternyata tidak ada, hanya mata air ini dan goa arca, itu juga goa belum lama ditemukan. Karena waktu sudah sore kami pun bergegas salinan lalu berangkat pulang kembali ke Bekasi.

Sampai ketemu lagi diperjalanan saya ke curug curug selanjutnya.

Note : Sertakan sumbernya bila ingin mengambil gambar atau cerita dari blog ini, terima kasih.

2 komentar :

  1. ternyata ada tarifnya utk masuk. Saya biasa gratis kalau gowes ke sana pagi hari. Atau karena loketnya belum buka ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dst bukan kaya loket t4 bayarnya, kaya orng nngguin d jalann trs d kasih tiket masuknya, mungkin lebih baik ada loketnya biar kliatan resmi.

      Hapus